Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru Mengarah Ke Barat Daya

BANYUWANGI, detiknusantaraNETAbu vulkanik yang terjadi karena erupsi Gunung Semeru mengarah ke barat daya, dan diperkirakan sampai besok.

Prediksi itu muncul setelah Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi melakukan pemantauan pada citra satelit. Dalam citra yang direkam oleh Satelit Himawari Minggu (5/12/2021), nampak abu vulkanik itu mengarah ke barat daya.

“Dari hasil citra satelit diketahui abu vulkanik lebih banyak berada di perairan selatan Jawa Timur, abu vulkanik Semeru yang telah membubung tinggi itu terpantau tidak berada di atas wilayah Banyuwangi dan sekitarnya”, tambahnya.

Prakirawan Cuaca BMKG Banyuwangi Gigik Nur Baskoro mengatakan, kondisi itu diperkirakan akan terus berlangsung sampai besok, Dari citra satelit yang tergambar, bahwa pergerakan Abu vulkanik itu mengarah ke barat hingga barat daya. Dan perkiraan pergerakan anginnya hingga esok hari juga masih sama, yaitu dari tenggara. Sehingga pergerakan abu vulkanik itu mengarah ke barat hingga barat daya,” ujar Gigik.

Meski begitu, Gigik mengimbau masyarakat Banyuwangi untuk tetap waspada terhadap sebaran abu vulkanik di udara”, tutupnya.
(Beben)

You May Also Like

About the Author: Falcon-13