9 Nama Peserta PPDB Online Menghilang, Spanduk Protes Zonasi Terpasang di SMAN 1 Batang

SMAN 1 Batang

BATANG – Sebagai bentuk protes menyusul menghilangnya sembilan nama peserta PPDB Online, sejumlah spanduk bernada kekecewaan terpasang di depan SMAN 1 Batang, Jawa Tengah.

Tulisan di beberapa spanduk itu antara lain ‘Percuma duwe sekolah apik yen warga ora biso ketrimo #Percumazonasi’. Lalu ‘Penak yo le..biso ketrimo neng SMA 1 Batang senajan nendang liyane, ileng karma le..’

‘Ada pula spanduk bertuliskan ‘Usut tuntas pengacau PPDB SMAN 1 Batang dan pihak yang membayar #percumazonasi’. Lalu juga ada tulisan ‘Pak Ganjar pye nasib anakku, seng polah wong liyo kok anakku seng dadi korban #percumazonasi’

“Kalau demo engga ada, katanya pas kebetulan ada sosialisasi yang didatangi wali murid,” kata warga sekitar, Udin, Jumat (8/7).

Total ada sembilan peserta PPDB Online SMAN 1 Batang yang namanya mendadak hilang dari jurnal di detik-detik akhir. Ada bukti pengubah data peserta dilakukan satu IP Addres bernomor 182.2.69.47, beralamat Slawi.

Para korban hilangnya nama itu sudah mengadu ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Bahkan, bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, peristiwa hilangnya sembilan nama peserta PPDB Online SMAN 1 Batang berlanjut ke ranah hukum. Perwakilan orangtua siswa resmi melapor ke Kepolisian Resor (Polres) Batang.

“Kami merasa dirugikan dan kecewa, bagaimanapun itu juga hak anak,” kata Lestari, perwakilan orangtua.

Dia mengatakan sebelumnya sudah melakukan upaya sesuai prosedur. Bahkan, pihaknya sudah mengantongi bukti kejanggalan terpentalnya sembilan calon siswa SMAN 1 Batang itu.

“Kami jelas-jelas sudah ada bukti. Saya sendiri jarak dari sekolah hanya 855 meter,” tandasnya.

You May Also Like

About the Author: Falcon-13