5 Tips Mengisi Bensin Mobil Dengan Benar

Tips Mengisi Bensin Mobil

Tips Mengisi Bensin Mobil – Mungkin mengisi tangki BBM mobil bukanlah hal sulit. Walau demikian, masih saja ada yang salah ketika melakukannya.

Apakah Anda pemilik mobil pemula atau pemilik mobil lama, banyak orang tidak tahu cara mengisi bensin mobil mereka dengan benar. Padahal, tipnya tidak sulit dan hanya membutuhkan sedikit usaha.

Mulai dari, pastikanlah selalu isi BBM di SPBU resmi. Kemudian ketahui letak tutup tangki bensin, agar petugas SPBU tidak kesulitan ketika melakukan isi BBM. Mungkin sepele, tapi tips isi bensin mobil yang benar akan membantumu.

Tips isi bensin mobil

Jangan lupa harus mematikan mesin mobil dan pilih BBM yang sesuai. Selanjutnya kamu juga perlu isi tangki sampai penuh.

Mau tahu lebih detail soal tips isi bensin mobil? Berikut kami beberkan bahasannya secara lengkap:

Isi BBM di SPBU Resmi

Tips isi bensin mobil yang pertama adalah selalu di SPBU resmi. Hal ini untuk memastikan kualitas bensin baik itu dari sisi kandungan dan takarannya.

Pasalnya di SPBU resmi pastilah ada quality control berkala. Jadi kamu bisa lebih yakin dengan pengecekan tersebut.

Sementara kalau mengisi di SPBU tidak resmi, quality control tentu tidak bisa diandalkan. Bisa saja tercampur dengan cairan lain. Kemudian soal takaran bensinnya, ada kemungkinan tidak sesuai.

Umumnya dari sisi harga, SPBU tidak resmi pun menjual bensin dengan harga lebih mahal. Tentu ini bisa merugikan!

Ketahui Letak Tutup Tangki Bensin

Selanjutnya yang harus diperhatikan ketika isi bensin mobil adalah letak tutup tangki bensin. Ini mudah dilihat kalau dari luar, tapi dalam posisi menyetir bisakah kamu mengetahuinya?

Banyak yang belum tahu, bahwa posisi tutup tangki bensin bisa terlihat dari panel instrumen. Dekat logo dispenser, umumnya ada segitiga petunjuk. Kalau arahnya ke kiri, artinya tutup tangki bensin mobil kamu ada di kiri. Begitu pula sebaliknya.

Dengan mengetahui letak tutup tangki bensin, tentu memudahkan saat isi bensin di SPBU. Pasalnya kalau sampai salah posisi, nanti petugas akan kerepotan menarik selang bensin.

Biasanya orang yang suka kebingungan mengetahui lokasi tutup tangki bensin adalah ketika mengendarai mobil pinjaman. Di samping itu, kalau kamu baru punya mobil juga sering kebingungan mengetahui letak tutup tangki bensin.

Matikan Mesin Mobil

Tips isi bensin mobil berikutnya adalah matikan mesin mobil. Ini wajib dilakukan, karena faktor keselamatan. Jangan sampai isi bensin dalam keadaan mesin mobil aktif, karena bisa menyebabkan kebakaran.

Baca Juga :  Berikut Syarat Lengkap Perpanjangan STNK Mobil dan Motor, Jangan Salah!!

Hal ini karena saat proses pengisian bensin, ada uap yang keluar dari tangki. Uap tersebut sangat mudah terbakar bila terkena percikan api. Kalau mesin mobil aktif saat isi bensin, bukan tidak mungkin ada potensi percikan api muncul. Utamanya bila kabel busi sudah luka. Jadi tips isi bensin mobil yang satu ini cukup penting.

Selanjutnya setelah mesin mobil mati, kamu bisa membuka tutup tangki bensin. Letak tuas pembukanya, paling umum berada di sisi kanan pengemudi (samping bawah jok).

Pilih Jenis BBM yang Sesuai

Kemudian tips isi bensin mobil untuk kamu adalah gunakan oktan yang sesuai. Umumnya informasi ini ada di tutup tangki bensin.

Setiap mesin mobil memiliki spesifikasi berbeda, contohnya Mitsubishi Xpander dengan kubikasi 1.5 liter dan rasio kompresi 10,5:1, maka paling cocok menenggak bensin beroktan 92 atau Pertamax. Kalau diisi oktan rendah, berpotensi ngelitik.

Gejala ngelitik di mobil berarti performa mesin tidak keluar secara optimal. Alhasil ini akan mengakibatkan rasa berkendara jadi kurang menyenangkan. Efek lain, konsumsi BBM juga bisa semakin boros.

Jangan pula kamu sering bergonta-ganti BBM. Hal ini lantaran, struktur tiap jenis bensin berbeda-beda, sehingga mengakibatkan kualitas bahan bakar jadi turun. Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi kan?

Disarankan Isi Tangki Sampai Penuh

Terakhir yang jadi tips isi bensin mobil adalah selalu penuhkan tangki. Minimal lebih dari setengah.

Pasalnya kalau tangki diisi sedikit, nanti mudah kosong. Selanjutnya kotoran-kotoran yang ada di dasar tangki bisa tersedot masuk ke fuel pump sehingga membuatnya macet.

Isi bensin penuh juga mengurangi resiko tangki berkarat. Pasalnya tidak akan ada udara yang mengisi kekosongannya. Udara di sini punya efek berbahaya, karena bisa menghasilkan embun, kemudian lama-lama mengakibatkan karat di tangki bensin.

Selain itu, isi bensin penuh juga bisa membuat berkendara semakin nyaman. Kamu tidak perlu takut kehabisan bensin di jalan setelah mengunjungi SPBU.

Ada baiknya, meski sudah mengisi bensin di SPBU resmi, kamu tetap perhatikan angka literan yang tampak di dispenser bensin. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam takaran bensin.

Kemudian jangan buru-buru nyalakan mesin. Pastikan dulu selang bensin benar-benar tercabut dari lubang tangki, serta petugas menutup tangki bensin mobil kamu.

Semoga tips isi bensin mobiltersebut bermanfaat ya.

 

error: